foto001foto243foto026
Regenerasi merupakan hal yang paling utama dalam sebuah organisasi. Guna mempertahankan eksistensinya maka pada tanggal 5-7 Februari lalu Lembaga Pers M ahasiswa (LPM) Suara Kampus IAIN Imam Bonjol Padang kembali mengadakan Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar bagi calon anggota baru periode 2009/2010.Diklat Jurnalistik Tingkat Dasar yang dilaksanakan di Gedung UPB tersebut diikuti sebanyak 27 orang. Mulai dari mahasiswa semester 1 hingga 5 yang berasal dari 5 fakultas yang ada.
Sebelum mengikuti pelatihan, peserta pelatihan (calon anggota baru) telah mengikuti tahapan seleksi berupa tes tulis dan wawancara (1-3 feb). Tidak hanya pengetahuan seputar jurnalistik yang diuji, tapi juga pengetahuan umum, agama dan kepribadian. Setelah dinyatakan lulus maka mereka berhak untuk mengikuti pelatihan yang diadakan selama 3 hari tersebut.
Pada hari pertama dan kedua pelatihan, calon anggota baru dibekali dengan materi jurnalistik. Seperti meliput dan menulis berita (artikel, feature, opini), teknik wawancara, manajemen redaksi, menulis karya sastra, dsb. Materi-materi yang ada disampaikan secara menarik oleh narasumber yang kebanyakan berprofesi sebagai wartawan. Di antaranya, Abdullah Khusairi, Sofyardi Bachyul, Hendra Makmur, AR. Rizal dan Iswanto JA. Kemudian pada hari ketiga sekaligus hari terakhir, para calon anggota baru dibekali dengan materi konsep diri yang mengambil tempat di luar ruangan.
Agenda rutin ini diharapkan dapat menjaring orang-orang yang memiliki minat dan bakat dalam bidang jurnalistik, Sebagaimana yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Hendra “Acara ini hendaknya dapat memotivasi dan mewujudkan mahasiswa (wartawan) yang kritis, berkepribadian dan memiliki keberanian serta tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya, baik internal maupun eksternal kampus***

Iklan