Resensi merupakan rubrik baru yang sengaja aku bikin di blog. Tujuannya cuma satu, biar tulisan yang selama ini aku bikin jadi bermanfaat (bukan buatku saja!). Jadi di rubrik Resensi ini nantinya akan aku muat resensi dari apapun (buku, kaset, fil, dll) yang aku suka. Buat launching perdana (hehehe) cuma ini dulu yang aku muat. Tunggu aja yang lainnya okey…!

Narasi Cantik : Cari Aku di Canti

Cari aku di canti

Tak banyak yang ingin bergelut dengan keunikan budaya lokal dalam berkarya. Salah satu di antaranya adalah Wa Ode Wulan Ratna. Lewat kumpulan cerpen Cari Aku di Canti, perempuan kelahiran 23 Agustus 1984 itu seolah ingin memperlihatkan dominasinya dalam penulisan karya sastra dengan ciri khas sosial budayanya. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Ratih Kumala, “Cara bertutur Wa Ode Wulan Ratna dalam cerpen-cerpennya mengalir lancar. Ia juga cerpenis yang tepat jika ingin mengkhususkan diri untuk mengangkat tema lokal yang kental.”
La Runduma menjadi sajian awal dari buku kumpulan cerpen Cari Aku Di Canti yang berhasil menyematkan titel penulis muda berbakat (Khatulistiwa Literary Award 2008) kepada Wa Ode Wulan Ratna. Narasi-narasi selanjutnya pun tak kalah menyentuh dan menyegarkan. Ada 12 narasi yang satu per satu mencoba menyingkap tabir misteri yang ada pada suatu daerah. Pengekangan terhadap perempuan, dilema, penyesalan, serta kemanusiaan menjadi tema yang menarik dari masing-masing cerita. Lewat kumpulan cerpennya Wa Ode Wulan Ratna semakin memperlebar kesempatan penulis-penulis lainnya, khususnya perempuan untuk berkarya dan menyuguhkan sesuatu yang berbeda. (Ade)

NB : Resensi ini pernah dimuat di rubrik suara pustaka, Tabloid Suara Kampus IAIN Imam Bonjol Padang ^_^

Iklan