Kemarin aku dan kakakku menghabiskan weekend dengan pergi melihat mumi di Plaza Andalas/ Ramayana. Hal yang menarik, mengingat sebelumnya jika liburan tiba satu-satunya tempat yang kami tuju adalah toko buku. Tetapi berbeda kali ini.

Ada Mumi di Padang, hal yang langka dan barangkali tidak akan terulang. Maka dengan semangat 45, sekitar pukul 4 sore kami berdua berangkat menuju tempat pertunjukkan tersebut. Lebih kurang selama 10 menit di angkot kami pun tiba di Plaza Andalas. Tidak terlalu ramai memang, tapi baguslah, kami lebih leluasa tuk window shopping (sekalian).

Setelah menaiki eskalator kami tiba di lantai 4 tempat tur mumi berlangsung. Dengan terlebih dahulu menyaksikan film tentang proses pembuatan mumi, tur mumi pun dimulai.

Seorang guide dan seorang satpam mengantarkan kami ke ruang tempat mumi tersebut. Rada takut, tapi rasa penasaran lebih mendominasi. Jadilah, diriku lirik sana lirik sini. Banyak benda menarik yang dipajang di kiri kanan kami, sayang rasa penasaran tadi kurang terobati karena kita tidak diperbolehkan untuk mengambil gambar, tapi tak apalah, no problem yang penting dah lihat mumi. Oh ya… di kiri kanan kami berjejer patung benda-benda zaman peradaban mesir kuno (masalah keaslian kami tidak tahu pasti). Mulai dari patung binatang, lukisan-lukisan hierogliph, terakhir tentunya mumi itu sendiri yang ditempatkan di tengah ruangan.

Sekujur tubuhnya dibalut dengan perban. Mumi tersebut katanya sih merupakan mumi raja Tut (Tutankhamum, benar nggak ya tulisannya?) yang tewas pada usia 19 tahun gara-gara sebuah penyakit misterius. Beberapa alasan sempat dijelaskan oleh guide tur-nya. Salah satunya adalah, karena pukulan benda keras. Bebeda dengan mumi yang dilihat di TV yang biasanya berada dalam peti mati kuno lengkap dengan replika raja-raja mesir, mumi yang ini hanya diletakkan di dalam peti/ ruang kaca. Kita lebih leluasa untuk melihatnya. Di akhir tur, para pengunjung boleh untuk ber-foto gratis dengan latar piramid dan raja mesir dengan bantuan fotografer dari EO yang bersangkutan. So liburan weekend kali ini cukup menyenangkan meskipun ada rencanaku yang gagal, but it’s okay! ^_^

Iklan