Fiuuhhh..akhirnya setelah berkejar-kejaran dengan waktu proses perkuliahan yang aku jalani selama 4 tahun ini berakhir dengan indah. Alhamdulillah aku bisa menyelesaikannya dengan baik. Semua beban, was-was, cemas, sedih hilang semua (untuk sementara). Bukan hal yang gampang untuk menyelesaikan tugas akhir berupa skripsi dalam waktu beberapa bulan tersebut. Terlebih mengingat diriku bukan tipe kutu buku. Malah sebaliknya, aku lebih suka bekerja diburu waktu. Waktu sekolah (SLTA/MAN) dulu, istilah SKS (Sistem Kebut Semalam) identik denganku. Namun yang lebih parah hingga masa kuliah kebiasaan jelek ini belum juga hilang.

Kerepotan-kerepotan yang semestinya tidak terjadi, malah bertubi-tubi menimpaku. Syukur kepada Allah pada akhirnya semuanya bisa berjalan dengan lancar. Kemarin prosesi wisuda pun aku jalani dengan “mengharu biru”. Apakah tantangan untuk mengembalikan ilmu pada tempatnya, alam dapat aku lakukan dengan baik?!

Semoga saja aku dapat melakukannya dengan baik. Kebiasaan-kebiasaan jelek yang selama ini aku pelihara berkurang mudah-mudahan bisa hilang, amin!

SEMANGAT!!!

Iklan