wishes


Wish u all the best (berharap segala yang terbaik untukmu) ungkapan singkat yang penuh makna ini barangkali merupakan sesuatu yang tidak asing dalam kehidupan kita. Kita pernah mendengar, melihat, mengucapkan atau menerima ucapan serupa dari orang-orang (teman, sahabat, keluarga, kekasih, karib kerabat) yang ada di sekitar kita. Yap, setidaknya itulah yang aku alami. Beberapa hari yang lalu tepatnya tanggal 1 Februari (ulang tahunku) aku memperoleh ucapan yang serupa. Ucapan singkat yang penuh makna. Selamat Ulang Tahun, Wish U All The Best/ HBD, Wish U All The Best/ Met Ultah ya, Wish u All the Best – setidaknya itulah sebagian ucapan yang aku terima di hari ulang tahunku. Baik itu melalui pesan singkat di HP, telfon maupun tulisan di dinding FB (facebook) yang aku miliki.

Ucapan ini mungkin terlalu singkat, seragam dan tipikal. Namun akan berbeda halnya jika kita menerima ungkapan atau istilah tersebut di saat yang kita anggap istimewa (ulang tahun) dalam hidup kita. Setidaknya dari ungkapan singkat ini ada rasa peduli, keinginan atau harapan dari orang lain untuk diri kita. Bukankah segala keinginan, harapan ataupun do’a-do’a yang kita miliki dalam hidup ini hanya akan bermuara kepada satu hal, yaitu “segala kebaikan dan mengharapkan yang terbaik”. Terlebih (barangkali) satu orang saja tidak akan cukup untuk membuat segala kebaikan datang dan mengetuk “pintu rumah” yang kita miliki. Tetapi ketukan itu akan lebih cepat datang jika semua orang menuju ke tempat yang sama (keinginan, harapan, do’a). Setidaknya hal ini menjadi bukti bahwa kita tidak sendiri. Dan keberadaan kita di dunia ini senantiasa terhubung antara yang satu dengan yang lainnya. Maka kita pun harus menerimanya dengan penuh suka cita.

Yap, di hari ulang tahunku yang baru saja lewat itu hal-hal di ataslah yang secara tiba-tiba mendatangi otakku. Tentang ungkapan “wish u all the best’ yang memang banyak aku terima. Bukan hanya dari mereka yang aku kenal dengan baik. Tetapi juga orang-orang yang belum aku kenal (secara baik atau dekat). Singkatnya mereka yang “mendadak jadi teman-temanku” melaui media (internet – FB, email, dll) yang aku miliki. Bahkan salah satu situs (info karir) yang aku ikuti juga mengucapkan selamat ulang tahun, hehehehe…! Tidak berlebihan jika aku sangat bersyukur dengan kehidupan yang aku miliki. Betapa kehidupan (Tuhan) sangat baik dan semesta menjadi pintu gerbang yang begitu luas. Dan seperti yang sudah-sudah aku pun kerap ingin masuk ke dalamnya. Maka pada akhirnya kepada semua orang (siapa pun dan dimana pun berada) yang bersedia dan berkesempatan menjadikanku “istimewa” untuk satu hari kemarin aku ucapkan terima kasih dan wish u all the best. *** (Padang, 3 Februari 2011)

