Film menjadi salah satu media yang bisa memberikan inspirasi, motivasi maupun pelajaran-pelajaran berharga bagi siapa saja. Tidak hanya melalui gambar atau visualisasi yang elok. Tetapi juga dialog-dialog dari pemain yang menjadi bagian penting dalam film itu sendiri. Film I Am Sam sepertinya menjadi bagian dari hal tersebut. Kisah kehidupan Sam Dawson (Sean Penn) dan putri kecilnya, Lucy Diamonds Dawson (Dakota Fanning) bukan hanya memberikan cerita menarik dan mengharukan. Rangkaian visualisasi yang cantik, adegan-adegan yang apik, sederhana dan menyentuh dari awal hingga akhir film. Namun juga kalimat-kalimat sederhana, memotivasi dan indah yang diungkapkan para tokoh dalam film yang berdurasi 2 jam ini.

Kisah ini berawal dari kehadiran seorang bayi perempuan dalam kehidupan Sam, seorang pria dewasa yang mengalami keterbelakangan mental dan sedikit (maaf) idiot dengan pasangan hidupnya. Sayang, kegembiraan Sam menyambut buah hatinya tersebut tidak dirasakan oleh pasangannya yang pergi meninggalkannya dan buah hati mereka. Sam dalam kesedihan dan kebingungan yang sangat dan dengan segala keterbatasan yang ia punyai tetap merawat putri kecil mereka. Sam pun kemudian memberi nama putri kecil mereka, Lucy Diamonds Dawson. Nama yang terinspirasi dari salah lagu The Beatles (tahun 80-an) yang memang menjadi latar dari film ini.

Meski Sam memiliki keterbatasan dalam hal kecerdasan namun hal itu tidak menghambatnya untuk tetap bertindak sebagai seorang ayah. Memberikan kasih sayang yang utuh bagi putri satu-satunya. Sam akan mengajak Lucy kecil ke taman bermain, membacakan cerita dari buku-buku yang telah Sam hapal isinya, dan melakukan hal-hal lucu demi menghibur dan menggemberikan si buah hati. Dan tak lupa, Sam pun bekerja keras mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup Lucy yang ternyata memiliki kecerdasan melebihi dirinya.

Adegan tentang kehidupan ayah dan anak ini lalu bergulir secara apik. Penonton dibawa untuk masuk ke kehidupan Sam yang dalam membesarkan Lucy dibantu oleh tetangga Annie dan keempat orang temannya. Seperti film lainnya, film ini pun kemudian membawa kita kepada klimaks yang menjadikan film ini meninggalkan bekas di benak penonton. Kehidupan keluarga kecil Sam yang tenang dan bahagia mendadak berubah saat terjadinya kesalahpahaman dalam pesta kejutan untuk ulang tahun Lucy yang ke-7. Tindakan sang ayah yang tanpa senagaj mendorong dan membentak teman Lucy menjadi persoalan yang membuat kehidupan kedua orang yang saling menyayangi ini berpisah. Sam dianggap tak layak untuk menjadi ayah bagi Lucy. Lucy dibawa oleh petugas dinas social (perlindungan anak) untuk diberi perlindungan.
Kehidupan Sam pun berubah drastis. Ia yang biasanya berjumpa dan bermain dengan Lucy setiap hari, harus merasakan kesendirian tanpa kehadiran dan canda tawa Lucy yang sekaligus menjadi pelipur laranya. Penyemangat dirinya untuk tetap hidup. Dengan bantuan seorang pengacara, Rita Harrison (Michelle Pfeiffer) Sam berjuang untuk mendapatkan Lucy kembali. Sebuah perjuangan yang tak ringan. Namun Sam tidak pernah putus asa. Hal ini tergambar dalam berbagai adegan yang menyiratkan kekalutan dan kegelisahan Sam untuk memperoleh Lucy kembali.

Bagaimana akhir dari film ini? Lebih baik anda saksikan dan nikmati sendiri. Sedangkan pesan yang dapat kita simak dari film ini antara lain dapat kita temukan lewat kalimat-kalimat indah berikut ini.

“People worry ur not smart!”, ujar Annie (tetangga Sam) saat Sam meminta bantuannya untuk menenangkan Lucy yang masih bayi.

Pertanyaan-pertanyaan si kecil Lucy kepada ayahnya :
“Daddy, why does the snow flake?””Daddy, where daes the sky end?”
“Why does the moon follow me home?””Why is the sun orange”

“Always set ur dreams high, Lucy..” — salah satu kalimat Sam kepada Lucy

“I wouldn’t want any daddy but you,” — Lucy meyakinkan ayahnya, Sam bahwa dia merupakan ayah terbaik meskipun memiliki kekurangan

“ALL U NEED IS LOVE” — ucap Lucy tegas saat ditanya tentang kemampuan ayahnya dalam hal mendidik dan mengasuhnya sejak bayi. Kalimat ini merupakan inti dari film I Am Sam.

“Love this movie!” — my words ^_^

Iklan