Sudah hampir tiga tahun saya menyelesaikan bangku perkuliahan. Seperti kebanyakan orang, sesudah menamatkan kuliah saya pun menggunakan ijazah untuk melamar kerja. Alhamdulillah saya pun mendapatkan pekerjaan dalam waktu yang cukup singkat. Setelah tiga bulan menyandang gelar sarjana (2009) saya mendapatkan pekerjaan sebagai staf monitoring dan evaluasi di sebuah organisasi sosial. Saya bekerja di organisasi sosial ini selama satu tahun. Dan setelah satu tahun kontrak saya pun berakhir. Maka dimulailah petualangan saya mencari kerja dari satu tempat ke tempat lainnya.

Selama tiga tahun terakhir ini saya pun telah banyak bergonta-ganti pekerjaan. Beberapa bidang pekerjaan telah saya coba. Mulai dari bekerja di organisasi sosial, media massa (elektronik dan cetak), hukum, dan keuangan. Meskipun pekerjaan itu saya lakukan secara singkat. Namun memberi pengalaman yang berharga dan efek pada diri saya. Contohnya saja ketika bekerja di media massa saya pun leluasa melihat bagaimana proses membuat suatu program yang digemari oleh orang banyak (media elektronik). Kemudian bekerja di media cetak saya pun mendapatkan pengalaman berharga bagaimana bekerja secara bersama alias teamwork. Karena bekerja di media bukanlah pekerjaan individu. Sebuah program siaran tv ataupun berita di koran tidak akan enak ditonton maupun dibaca jika masing-masing individu tidak menyatu. Kita harus menekan ego pribadi untuk menghargai pendapat orang lain. Untuk menerima ide orang lain yang kadang mesti kita akui memang lebih baik dari ide yang kita miliki. Maklum bekerja di media adalah bagian dari menyatukan ide-ide maupun gagasan dari masing-masing individu. Ide mana yang lebih cocok untuk diterima dan nantinya dikerjakan secara bersama.

Jika bekerja di media tidak terlalu menyulitkan saya. Karena media massa merupakan bagian dari mata kuliah yang saya terima di jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam yang aku terima di bangku kuliah dulu (sedikit banyaknya sudah dapat gambaran). Lain halnya dengan yang saya rasa ketika bekerja di bdang hukum, yaitu menjadi pegawai di sebuah kantor notaris. Pekerjaan yang menuntut kita untuk paham hukum. Saya pun sedikit demi sedikit jadi belajar persoalan hukum. Mulai dari membuat surat jual beli, surat kerjasama, surat tanah, surat waris dan surat lainnya. Di awal-awal bekerja saya sempat takut (gugup) untuk bekerja di kantor notaris tersebut. Bukan karena apa-apa, tapi lebih karena saya blank masalah hukum. Adanya bimbingan dari teman-teman dan juga Bapak Notaris itu sendiri lambat laun membuat saya merasa nyaman bekerja di tempat tersebut. Dan alhamdulillah pekerjaan yang saya lakukan selama lebih kurang tiga bulan tersebut juga memberikan dampak yang positif pada diri saya, yaitu saya jadi tahu dengan hukum dan berkenalan serta menghadapi dengan orang banyak.

Untuk bidang yang terakhir, yaitu bidang keuangan juga hampir sama dengan apa yang saya rasakan dengan bekerja di bidang hukum. Sempat nervous saat pertama masuk kerja di sebuah bank swasta membuat saya sedikit minder untuk bekerja di sana. Namun dengan meluruskan niat, memulai segala sesuatu dengan bismillah dan meyakinkan diri kalau saya juga bisa bekerja di tempat tersebut membuat saya merasa lebih tenang. Hingga hari ini, lebih kurang sudah dua minggu lebih saya bekerja di tempat yang mengharuskan saya untuk mengenakan blazer, make up n higheels yang awalnya sempat bikin saya puyeng untuk mengenakannya itu. Namun apa daya tuntutan professi harus membuat saya rela untuk bersakit-sakit ria (mengenakan higheels bikin kaki capek) >_<. Saya pun berdoa agar pekerjaan yang saya lakukan sekarang akan bertahan lama dan saya bisa cakap dalam menjalani pekerjaan tersebut. Setidaknya hingga saya mendapatkan kesuksesan, amin.

Gonta-ganti kerja bagi sebagian orang dipandang sebagai hal yang negatif. Tapi bagi saya pribadi hal ini merupakan suatu hal yang menyenangkan (positif). Setidaknya saya jadi tahu bahwa saya tidak terlalu bodoh untuk mencoba hal-hal baru yang tidak saya mengerti dan menyadarkan saya bahwa percaya diri merupakan kunci dari apa yang kita lakukan.

Jangan takut untuk mencoba hal baru. Selain untuk melatih diri juga bikin kita jadi orang yang bisa banyak hal. ^_^
(Padang, 21 Oktober 2012)

