Selama dua bulan terakhir saya kembali disibukkan dengan pekerjaan baru. Baru dari segi waktu maupun jenis pekerjaan yang saya lakukan. Jika sebelumnya saya bekerja di bidang yang berdekatan dengan dunia perkuliahan dulu. Seperti media massa dan administrasi. Namun sekarang berbeda. Saya justru mendapatkan rezeki yang tidak terduga. Saya bekerja di bidang perdagangan. Yap, saya mendapatkan pekerjaan di sebuah toko.

Bersinggungan dengan dunia dagang memang tidak pernah terpikirkan di dalam benak saya. Karena jauh sebelum memperoleh pekerjaan ini saya menyadari, rasanya dunia itu bukan bidang saya. Saya tidak terlalu pandai dalam hal hitung-menghitung. Terlebih kekurangan ini juga ditambah dengan sifat ceroboh yang saya miliki. Maka rasanya hal itu menjadi sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Namun saya pun menyadari tidak ada hal yang tidak bisa kita lakukan. Yang kita perlukan hanyalah keberanian untuk mencoba. Dan satu lagi, apapun yang kita lakukan pasti ada sisi menarik yang harus kita temukan. Hal ini merupakan bagian dari usaha kita untuk mencintai pekerjaan yang kita lakukan. Alhasil dalam pekerjaan baru ini saya juga berhasil menemukannya.

Bekerja sebagai kasir memberikan saya kesempatan untuk melihat dunia dari sisi yang berbeda. Ternyata banyak hal-hal sederhana yang seharusnya bisa kita nikmati. Ya, setiap hari saya disuguhkan dengan keseharian yang menggugah hati. Seperti, kasih sayang kakek kepada cucunya. Saya memiliki langganan seorang laki-laki paruh baya yang setiap hari datang ke toko hanya untuk membelikan cucunya kue-kue ataupun mainan kesukaan mereka. Si kakek tidak keberatan dengan apapun pilihan cucunya. Tidak hanya satu, namun beberapa orang (kakek) dengan rutinitas yang sama kerap datang ke toko kami. Baik itu pagi, siang maupun sore hari. Hal ini kadangkala membuat saya rindu untuk merasakan hal yang sama dari kakek. Sayangnya, kakek saya sudah meninggal sejak beberapa tahun yang lalu.

Tidak hanya itu, saya juga disuguhkan dengan pemandangan keriangan keluarga kecil yang menjadikan kunjungan ke toko sebagai pelepas lelah maupun sebagai “family time”. Bocah-bocah dengan terburu-buru akan berlari menuju pintu dan berlarian di sekeliling rak-rak mencri apa yang mereka mau. Mereka pun telah siap dengan keranjang dan troli yang dalam beberapa saat saja akan penuh dengan berbagai benda yang mereka inginkan.

Belum lagi jika ditambah dengan keramahan para pengantar roti yang setiap dua hari sekali akan mengganti roti yang telah tidak layak konsumsi. Dan bagian yang menyenangkan mereka juga memberikan “bonus” beberapa potong roti hangat yang siap disantap. Hmm…what a wonderful life!

Masih banyak hal yang saya lihat dan rasakan selama bekerja di toko tersebut. Saya tidak tahu apakah hal yang saya ceritakan ini berharga atau bermanfaat untuk diceritakan. Namun bagi saya apapun yang lihat, dengar dan rasakan merupakan bagian dari hadiah dan kasih sayang Tuhan. Saya hanya ingin menjadikannya sebagai sesuatu yang patut untuk dikenang. Itu saja. ***

