imageMembaca biografi tokoh merupakan salah satu hal yang saya gemari. Entah kenapa saya selalu merasa senang saat dapat mengetahui jalan hidup maupun apa yang terjadi dalam hidup seseorang. Beberapa hari yang lalu saya baru saja menyelesaikan membaca buku Langkah Sejuta Suluh yang ditulis oleh Clara Ng, buku ini menceritakan sepak terjang seorang Merry Riana dalam membangun bisnisnya di Singapura.

Sebelumnya saya juga sudah membaca buku Merry Riana, Mimpi Sejuta Dolar karangan Alberthiene Endah. Awalnya saya mengira kisah yang diceritakan di buku yang kedua (Langkah Sejuta Suluh) akan sama saja. Namun ternyata buku kedua ini lebih menarik jika dibandingkan dengan buku pertama. Walaupun memang dalam buku kedua ini masih mengisahkan bagaimana jatuh bangun seorang Merry Riana dalam meraih mimpinya.

Cerita dibuat dengan detail yang baik. Penceritaan di dalam buku pun terasa lebih sastra. Hal ini lumrah mengingat si penulis (Clara Ng) merupakan seorang penulis (cerpenis/novelis) yang mumpuni di tanah air. Dengan bahasa yang teratur dan lembut satu per satu si penulis menceritakan kehidupan Merry Riana. Jika di buku pertama penulis menceritakan Merry Riana denganΒ kehidupan kampus, dan upaya untuk meraih pekerjaan/mimpinya. Maka di buku kedua ini diceritakan bagaimana Merry Riana membangun bisnisnya dari nol.

Di buku kedua ini banyak bagian atau bab-bab yang mengesankan. Tidak hanya dapat membawa kita merasakan apa yang dirasakan si tokoh, buku ini juga memotivasi kita dengan kejadian atau hal-hal yang diceritakan. Salah satu bagian yang saya suka adalah saat Merry dan Alva (suaminya) merekrut tim pertama mereka, saat itu Merry dipercaya untuk menjadi manajer setelah hasil mengagumkan yang didapatnya sebagai seorang sales. Merry dan Alva dengan cara mereka mampu menarik pemuda-pemudi untuk bergabung menjadi bagian dari perusahaan yang akan mereka bangun. Ada cara unik yang mereka lakukan, yaitu dengan mengadakan camp selama 3 hari 2 malam. Di camp tersebut Merry dan Alva berupaya untuk mencari dan mengenali orang-orang yang dapat bergabung dengan mereka. Seperti sebuah reality show, di sana juga ada eliminasi bagi siapa yang tidak sesuai dengan apa yang mereka cari. Maka tak dapat dihindari di dalamnya terdapatΒ drama yang mengharu biru di beberapa bagian. Sehingga kita tidak hanya sekedar membaca biografi tapi juga serasa membaca novel yang melankolis.

Buku ini juga berisi tips dan kata-kata motivasi yang ditujukan bagi siapa saja yang ingin berusaha atau membangun mimpinya. Tips dan kata-kata motivasi ini tentunya sama dengan judul buku ini, yaitu dapat menjadi penerang bagi siapa saja yang ingin memulai segala sesuatu dari dasar atau bawah. Langkah sejuta suluh merangkum informasi-informasi penting yang bisa dijadikan sebagai pegangan ataupun kunci untuk meraih sukses.

Tak dapat kita sangkal, si penulis berhasil membangun rasa penasaran pembaca untuk terus menyimak dan turut merasakan apa yang terjadi dalam kehidupan seorang Merry Riana. Ada perjuangan, kegembiraan, kesedihan, persaudaraan, dan mimpi di dalamnya. Siapapun pasti akan suka membaca buku ini. Sebuah biografi, sebuah motivasi yang benar-benar membangun untuk berani bermimpi dan mewujudkannya serta menjadikan kita cerdas dalam menghadapi segala situasi dan berbagai kemungkinan. (Padang, 3/4/2015)

Iklan