7bd21037125ae5dd3529be88f77fc193

Pertemuan dengan seseorang dalam hidup ini merupakan salah satu fase kehidupan yang mau tidak mau mesti kita jalani. Kita tidak pernah tahu kapan, dengan siapa dan bagaimana kita bertemu dengan orang-orang baru ataupun orang-orang yang pernah hadir dalam kehidupan kita sebelumnya. Mereka bisa saja menjelma dalam bentuk sahabat, karib kerabat, rekan kerja ataupun musuh bebuyutan. Pertemuan ini tentu saja hadir dengan bermacam-macam tujuan. Apakah hanya sebagai suatu perkenalan, ujian ataukah sebagai fase untuk memperbaiki diri kita. Karena terkadang pertemuan merupakan cara Yang Maha Kuasa untuk menyentuh umat-Nya.

Kita pun tidak pernah tahu apakah pertemuan itu akan bertahan lama, membawa manfaat ataupun hanya sebagai sebuah selingan. Tapi yang pasti dari sebuah pertemuan kita tidak hanya menambah kuantitas bersama makhluk lain. Adakalanya pertemuan juga menjelma menjadi anugerah yang patut kita syukuri.

75c455b20e0de97c0f3b838f35ddfcc2

Ada ungkapan dengan siapa kita bergaul menentukan “rupa” ataupun tabiat kita ke depannya. Jika kita ingin memiliki tabiat baik, maka berkawanlah dengan orang-orang baik. Begitu juga sebaliknya, jika kita lebih senang berkawan dengan sesuatu yang buruk, maka tanpa kita sadari energi kita juga akan dipertemukan dengan orang-orang yang serupa keinginan kita itu.

Terlepas dari apapun keinginan kita tersebut, sebenarnya Sang Pencipta hanya ingin kita untuk berpikir dan saling mengenal. Bukankah itu merupakan tujuan kita diciptakan dengan berbagai latar belakang, suku, bahasa, ras ataupun hal lainnya. Nah, namun pada akhirnya tetap saja yang memutuskan untuk bertahan atau melepaskan adalah kita. Pertemuan adalah suatu siklus yang harus kita jalani dengan sebaik-baiknya. Akan selalu ada hal baik dan buruk dari suatu pertemuan. Maka jangan habiskan energi untuk menyia-nyiakan cara Tuhan ini untuk melakukan hal-hal yang tidak menyenangkan ataupun meninggalkan kesan yang tidak baik pada diri seseorang. Karena pertemuan pada akhirnya merupakan suatu kesempatan untuk menunjukkan jati diri (karakter) kita yang sebenarnya kepada orang lain. (Padang, 16/10/2016)

Iklan